Wayang Suwung

Nguri-nguri Kabudayan tanpa Klenik dan tanpa menyinggung SARA.

Wayang Suwung adalah sebuah Blog yang mencoba menceritakan ulang kisah Cerita Wayang Mahakarya Sastra Kuno. Gaya Dalang Wayang Suwung dengan gaya yang berbeda. Mencoba untuk memperkenalkan Budaya Bangsa.

WayangSuwung.com berisi tentang cerita-cerita wayang dari mulai terciptanya Tokoh SyangHyang yang menurunkan para Batara. Menceritakan pula cerita-cerita legenda Kekawin Ramayana, Kekawin Mahabarata hingga Kekawin Babat Tanah Jawi yang dikemas secara sederhana namun ‘wow’.

Kisah Batara

Kisah Batara

Kisah karya sastra pujangga kuno bercerita tentang kisah diciptakannya SangHyang Adhama dan SangDewi Kawahnya leluhur para Batara. Cerita Batara Generasi Ke-dua seperti Batara Guru, Batara Narada dan Batari Durga. Serta menceritakan Barata Generasi ke-3 seperti Batara Surya dan Batara Candra yang menurunkan Dinasti Surya dan Dinasti Candra.

Kisah Batara berwal pada artikel:

..::SangHyang Adhama dan SangDewi Kawahnya::..

Kisah Ramayana

Kisah Ramayana

Kisah karya sastra pujangga kuno bercerita tentang kisah epic perjalanan Pangeran Rama dengan Pangeran Laksmana. Dimana mereka yang mencari dan merebut kembali Dewi Sinta yang telah diculik oleh Raja Dasamuka aka Rahwana.

Kisah Ramayana ini juga menceritakan tentang Bangsa Raksasa dan Bangsa Wanara serta Bangsa-bangsa yang terlibat dalam kisah tersebut. Kisah Tokoh Indrajit, Kisah Tokoh Subali atau Kisah Tokoh Laksmana dan Tokoh yang lainnya.

..::Pangeran Dasarata sang Putra Mahkota Kerajaan Kosala::..

Kisah Mahabarata

Kisah Mahabarata

Inti cerita Kisah Mahabarata adalah:

Kurawa dan Pandawa rebutan Hastina >> Kurawa dan Pandawa perang >> Kurawa kalah, Pendawa menang >> SELESAI…

Hahaha nggak begitu juga keleees.. Dalam Karya Sastra ini memuat kisah-kisah yang penuh dengan pesan moral kehidupan.

Kisah karya sastra pujangga kuno bercerita tentang kisah epic leluhur para Kurawa dan Pandawa. Menceritakan dari awal Prabu Yayati dan keturunanya. Kisah Prabu Barata hingga Prabu Janamejaya putra Prabu Parikesit. Prabu Parikesit adalah Putra Pangeran Abimanyu. Pangeran Abimanyu adalah Putra Prabu Arjuna panengah Pandawa. Raja Kerajaan Hastinapura yang terakhir dan disinyalir dan ‘dituduh’ menurunkan Raja-raja di Tanah Jawa. Di dalamnya mengisahkan tentang Perang Maha Dasyat yang sangat populer yang bernama Perang BrataYuda.

..::Prabu Yayati Leluhur Wangsa Barata::..

Kisah Legenda Tanah Jawi

Kisah Legenda Tanah Jawa

Dalang Suwung mencoba untuk menceritakan kisah-kisah klasik yang sudah menjadi legenda di tanah Jawa. Kisahnya dibuka oleh kisah klasik tentang Nyai Roro Kidul sang Penguasa Pantai Selatan Jawa.

..::Nyai Roro Kidul::..

Kisah Suwung

Kisah kategori ini hanya khayalan Dalang Suwung. Kejadiannya tidak benar-benar terjadi. bila ada kesamaan tempat, nama dan sebagainya, salah sendiri koq mau nyama-nyamain.

..::Bagong Keranjingan Om Telolet Om::..

Nguri-nguri Kabudayan tanpa Klenik dan tanpa menginggung SARA.

Kisah Kahyangan,Kisah Ramayana,Kisah Mahabarata yang versi aslinya adalah dengan latar belakang Negeri India kuno dan bernuansa keagamaan Hindu. Namun dalam versi Pewayangan Jawa digubah oleh para mpu menjadi berlatar belakang Negeri Jawa dan seolah-olah terjadi di Tanah Jawa. Namun tetap dalam nuansa Hindu. Dalam perjalanan waktu, disaat para Wali Agama Islam melebarkan ajaran Agama Islam. Para Wali menggubahnya menjadi bernuansa Agama Islam dan kejadiannya seolah-olah terjadi di Tanah Jawa.

Kisah Pewayangan versi Wayang Suwung..

jangan ditanyakan Wayang Suwung.com ini menggunakan versi yang mana. Kisah Pewayangan yang ada di WayangSuwung.com tetap berpegangan pada pakem pewayangan yang diseting pada zaman masa depan. Jadi jangan heran atau sampai protes. Saat Sang Dalang Suwung menceritakan Pangeran Rama dan Pangeran Laskmana berburu menggunakan VW Combi. Atau Bima Sena naik kapal selam waktu untuk mencari Air Kehidupan di dasar samudra. Atau Arjuna naik pesawat ulak-alik untuk ‘ngapelinSangDewi Supabra dan SangDewi Tilottama para pacarnya yang tinggal di Kahyangan.

Sang DalangSuwung menceritakan kisah Mahabarata dengan versi WayangSuwung.com, hanya berniat untuk nguri-nguri kabudayan tanpa kelenik dan menyinggung SARA. Hanya berniat menceritakan kisah karya sastra kuno nan dasyat ini untuk generasi muda. Agar mereka tidak lupa cerita kebudayaan mereka sendiri karena lebih tertarik mengikuti sinetron dalam negeri yang tidak jelas. Atau sinetron India, Korea, Telenovela atau malah mengikuti sinetron Jav.

Ach..sudahlah..tak usah kebanyakan kata lagi deh ya..ikuti Awal mula Kisah Mahabarata versi WayangSuwung.com yang dibawakan oleh Sang DalangSuwung.